Selasa, 11 Agustus 2009

Apple Macbook

Kamis, 13 November 2008 10:13
Kompas.com - Apple memang selalu meluncurkan produk yang memiliki desain yang menarik dan menawarkan kemudahan pengoperasian lebih dari produk vendor lain. Namun tentu saja itu semua harus dibayar mahal oleh konsumen. Mungkin itu juga yang membuat produk Apple selalu identik dengan produk yang menjual gengsi. Terlepas dari menjual gengsi atau tidak, Apple memang selalu menawarkan inovasi yang membuat produknya jadi sulit ditandingi.

Apple MacBook

Dan laptop Apple MacBook ini juga bukan sebuah pengecualian dari standar yang selalu dipegang oleh Apple ini. Meski tak bisa dibilang menawarkan teknologi terbaru, namun laptop ini jelas memberikan sesuatu yang tak bisa diberikan oleh produk laptop lain. Sebut saja desain casing yang inovatif dan tentu saja aplikasi multi-touch touchpad yang mampu mengenali gerakan jari tangan seperti layar iPhone.

Laptop ini masih menawarkan desain minimalis seperti pada produk-produk sebelumnya. Tampilan depannya saja sudah menggambarkan kesan minimalis ini. Tak ada hiasan apa pun selain logo Apple berwarna putih tepat di tengah-tengah permukaan casing-nya. Tak seperti desain laptop lain yang kadang memberikan aksen lekukan-lekukan, Apple MacBook ini justru tampil datar tanpa ada lekukan sama sekali, kecuali pada sudut-sudutnya.

Apple MacBook

Kesan minimalis ini masih tetap dipertahankan pada desain interiornya. Bagian dalam laptop ini juga minim aksesoris. Bahkan touchpad-nya juga dibuat dengan warna sama dengan bodi dari laptop ini dan hanya dapat dibedakan dari lekukan yang mengitarinya. Layar seluas 13,3 incinya dibingkai dengan warna hitam, sama dengan warna yang digunakan oleh keyboard-nya. Bagi Anda yang terbiasa dengan produk-produk Apple sebelumnya, Anda pasti sudah terbiasa dengan desain ini.

Hal baru yang menarik dari produk ini adalah desain casing unibody yang dibuat dari lempeng aluminium sehingga membuat badan laptop ini jadi lebih kokoh. Agaknya para vendor laptop lain harus mulai meniru rancangan desain yang menarik ini pada produk mereka.

Apple MacBook

Selebihnya mungkin tak banyak yang ditawarkan oleh laptop ini. Prosesornya menggunakan Intel Core 2 Duo P7350 2.0GHz sementara memorinya menggunakan DDR3 berkapasitas 2GB. Sayangnya Apple hanya memberikan media simpan dengan kapasitas 160GB saja. Ini agak mengecewakan mengingat kebanyakan laptop sekarang sudah dilengkapi dengan hard disk berkapasitas hingga 320GB. Ini masih diperburuk lagi dengan konektivitas yang sangat minim. Apple bahkan tak menyediakan port FireWire atau konektor e-SATA yang sudah diusung oleh beberapa laptop high-end.

Secara keseluruhan, laptop ini memang dibuat untuk konsumen yang sebelumnya sudah akrab dengan produk Apple. Bila Anda adalah pengguna Windows, bisa jadi laptop ini bahkan tak terlalu menarik. Namun terlepas dari suka atau tidak, Trusted Reviews memberikan nilai 8 dari 10 untuk produk yang dijual dengan harga 949 Poundsterling atau sekitar Rp 17.000.000 ini.

1 komentar:

  1. FAKTA
    -Sebut saja desain casing yang inovatif dan tentu saja aplikasi multi-touch touchpad yang mampu mengenali gerakan jari tangan seperti layar iPhone.
    -Tak ada hiasan apa pun selain logo Apple berwarna putih tepat di tengah-tengah permukaan casing-nya.
    -Bahkan touchpad-nya juga dibuat dengan warna sama dengan bodi dari laptop ini dan hanya dapat dibedakan dari lekukan yang mengitarinya.
    -Layar seluas 13,3 incinya dibingkai dengan warna hitam, sama dengan warna yang digunakan oleh keyboard-nya.
    -Prosesornya menggunakan Intel Core 2 Duo P7350 2.0GHz sementara memorinya menggunakan DDR3 berkapasitas 2GB.

    OPINI
    -Apple memang selalu meluncurkan produk yang memiliki desain yang menarik dan menawarkan kemudahan pengoperasian lebih dari produk vendor lain.
    -Bagi Anda yang terbiasa dengan produk-produk Apple sebelumnya, Anda pasti sudah terbiasa dengan desain ini.
    -Secara keseluruhan, laptop ini memang dibuat untuk konsumen yang sebelumnya sudah akrab dengan produk Apple.

    KOMENTAR
    "Fakta merupakan sebuah kenyataan apa yang terjadi, dan opini merupakan pendapat seseorang"

    BalasHapus