Selasa, 11 Agustus 2009

Penyajian Lisan

Penyajian Lisan: Berbicara langsung

Contoh Penyajian Lisan:

1.Diskusi

2.Seminar

3.Rapat

4.komperensi

5.sidang

6.kongres

7.Simpasium

8.Ceramah

9.pidato

10.khutbah

11.MC

12.Wawancara

13.Deklarasi

14.Debat

15.Brains Troming


Wawancara (interview) merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara yang mewawancarai dan yang diwawancarai. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi dimana sang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai.

Ankur Garg, seorang psikolog menyatakan bahwa wawancara bisa jadi alat bantu saat dilakukan oleh pihak yang mempekerjakan seorang calon/ kandidat untuk suatu posisi, jurnalis, atau orang biasa yang sedang mencari tau tentang kepribadian seseorang ataupun mencari informasi.

jurnalistik

Dalam bidang jurnalistik wawancara menjadi salah satu cara mendapatkan informasi bahan berita. Wawancara biasanya dilakukan oleh satu atau dua orang wartawan dengan seseorang atau sekelompok orang yang menjadi sumber berita. Lazimnya dilakukan atas permintaan atau keinginan wartawan yang bersangkutan.

Sedangkan dalam jumpa pers ataukonferensi pers, wawancara biasanya dilaksanakan atas kehendak sumber berita.

Bentuk Wawancara:

  1. Wawancara telepon yaitu wawancara yang dilakukan lewat pesawat telepon.
  2. Wawancara pribadi.
  3. Wawancara dengan banyak orang.
  4. Wawancara dadakan / mendesak.
  5. Wawancara kelompok dimana serombongan wartawan mewawancarai seorang, pejabat, seniman, olahragawan dan sebagainya.

Sukses atau tidaknya wawancara selain ditentukan pada sikap wartawan juga ditentukan oleh perilaku, penampilan, dan sikap wartawan. Sikap yang sangat baik biasanya mengundang simpatik dan akan membuat suasana wawancara akan berlangsung akrab alias komunikatif. Wawancara yang komunikatif dan hidup ikut ditentukan oleh penguasaan permasalahan dan informasi seputar materi topik pembicaraan baik oleh nara sumber maupun wartawan.

komentar: kita dapat melakukan wawancara dimanapun, karena wawancara dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dengan melakukan wawancara kita dapat mendapatkan berbagai informasi-informasi yang baru atau yang belum kita ketahui.

1 komentar:

  1. Penyajian lisan adalah sesuatu yang sering kali terjadi di kehidupan kita sehari-hari. penyajian lisan merupakan sebuah penyampain sesuatu yang dilakukan secara langsung .

    BalasHapus